Sabtu, 03 November 2012

cara menulis blog yang baik

Pengertian Blog

Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.


Apa Topik Yang Harus Saya Tulis di blog ?

 ini bukanlah  pertanyaan teknis, namun cukup sering ditanyakan 

Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan segera begitu Anda menemukan peran Anda di dalamnya. Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.

Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas melalui blog… yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.

ksimpulannya jadi ita harus menentukan dulu tema atau visi misi untuk apa kita membuat blog itu seningga orang akan tertarik untuk membuka blog yang kita buat bukan tidak mungkin kita menghasilkan banyak uang dari blog2 yag kita tulis seperti bloger2 profesional mereka tau apa yang mao mereka tulis sehingga blog mereka terkonsep sedemikina rupa 

Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik di blog yg anda buat ?

Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga dibaca orang terus menerus?

Menurut saya, konten yang menarik bukanlah konten yang menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca. Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.

Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. atau google Untuk dapat ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.

Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari… apa yang membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.

Setelah seorang pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan mulai membaca. Kalimat pertama dan paragraf pendahulan haruslah menarik agar pembaca memutuskan untuk menelusuri keseluruhan konten. Di Internet, orang seringkali bergerak sangat cepat. Mereka dengan cepat bergerak dari atas peramban web ke bawah dan hanya berhenti jika benar-benar menemukan hal yang menarik.

Dengan kata lain, Anda punya waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian mereka. Dan bila konten Anda kuat dan berhasil menghibur atau membuat mereka berdecak kagum, mungkin mereka akan berlangganan RSS blog Anda. RSS itu pada dasarnya format berkas yang berisi konten blog Anda, yang dapat dibaca dari pembaca RSS. Seorang pelanggan tidak harus mengunjungi blog Anda untuk mengetahui apakah ada tulisan baru. Pembaca RSS akan memberitahu kepada mereka.

Aliran proses itu dapat dijadikan panduan untuk menarik pemirsa. Penting diingat bahwa jika salah satu titik yang dijelaskan di atas lemah, pembaca mungkin saja memutuskan untuk berhenti dan tidak pernah kembali lagi. Dan aliran proses ini hanyalah suatu proses.

Sumber Daya Lainnya Yang Bermanfaat Untuk Pembelajaran Lebih Lanjut

Saya telah memberikan lebih banyak informasi yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah blog. Namun untuk mengembangkannya: menarik pengunjung, membuat mereka tetap tertarik, mengembangkan komunitas, dan menjadikannya sumber pendapatan merupakan topik yang lain pula.

Tidak perlu putus asa. Semua topik di atas tidak perlu dipelajari dalam seminggu. Anda dapat melakukannya secara perlahan sambil menambahkan lebih banyak konten ke blog Anda. Berikut ini adalah beberapa sumber daya yang dapat Anda pergunakan untuk mempelajari topik-topik lanjutan di atas:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar